Sabtu, 30 November 2013

Resume Kelompok 4: Komunikasi Dalam Organisasi

          Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran konsep atau pemikiran antara 2 orang atau lebih. Komunikasi memiliki arti yang esensial terhadap hidup manusia baik dalam berkelompok, organisasi ataupun di dalam rumah tangga sendiri. Di dalam suatu organisasi, komunikasi merupakan hal yang penting dalam membangun organisasi tersebut. Apabila suatu organisasi tidak melakukan komunikasi, sudah jelas organisasi tersebut tidak akan berkembang. Contoh dari komunikasi itu sendiri yakni antara pimpinan dengan bawahannya. Ketika pemimpin memberikan suatu perintah terhadap bawahannya pun itu sudah termasuk dalam komunikasi. Komunikasi terbagi menjadi dua macam, yakni komunikasi langsung dan komunikasi secara tidak langsung. Komunikasi secara langsung yakni komunikasi yang dilakukan secara langsung, dalam arti lain komunikasi yang dilakukan dengan bertatap mata satu sama lain. Sedangkan komunikasi secara tidak langsung merupakan komunikasi yang melalui suatu media, misalkan melalui pesan singkat atau pesan listrik (email). Dari definisi macam komunikasi di atas dapat kita ketahui bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi secara langsung, karena dengan bertatapan kita dapat mengetahui arti jelas dari pesan yang disampaikan. Sedangkan apabila kita melakukan komunikasi secara tidak langsung, kita akan sulit menebak apa arti pesan yang disampaikan oleh orang lain, namun hal positif dari komunikasi tidak langsung itu sendiri adalah kita dapat menghemat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar